Senin, 27 Mei 2013

Penetas Semi Otomatis Minorca produksi 2002

Bukti bersejarah penetas 'Rak Putar'

Saat bongkar-bongkar laci meja, darah saya sempat berdesir melihat selembar foto yang terselip di tumpukan berkas-berkas lama. Tiba-tiba pikiran saya langsung melayang ke masa lampau membayangkan repotnya 'babat alas' memasarkan produk mesin tetas pertama bersistem 'Rak Putar' pada medio 2002. Pada saat itu belum ada satupun penetas produk anak negeri yang menggunakan sistem rak putar untuk penetas telur kapasitas kecil, hanya penetas kapasitas besarlah yang mungkin sudah menggunakannya, itupun pastinya sudah bertipe full otomatis.
Sempat kesulitan mencari nama yang pas untuk 'brand' nya, seperti merk penetas manual (putar dengan tangan satu persatu) merk 'Cema**'. Sepertinya nama-nama ayam sangat cocok untuk dijadikan merk, tapi sudah buka buka buku, majalah, dll, belum juga ketemu nama yang cocok. Sampai akhirnya teringat nama salah satu jenis ayam dari italia, yaitu Minorca. Sempat ragu-ragu dengan nama tersebut, karena berkesan kurang nasionalis. Tapi.. karena harus berkejaran dengan waktu pemasaran yang sudah mepet, akhirnya jadilah nama 'Minorca' sebagai brand penetas telur bersistem rak putar.

Penetas Minorca 2002


Semuanya lengkap, mulai penetas kapasitas 30, 50, 100 dan 200, difoto di salah satu Photo Studio di Surabaya pada tahun 2002. Perhatikan dengan teliti dan bandingkan dengan penetas rak putar merk lain, bukankah desain, dimensi, dan kapasitas masih 'sebelas duabelas'?, alias serupa tapi tak sama dengan penetas rak putar merk lain yang sekarang lagi ramai-ramai menjiplak dan di iklankan di media internet. Sampai sekarangpun penetas merk 'Minorca' masih eksis, tapi diproduksi oleh saudara dan lebih banyak dipasarkan secara 'Offline' di Poultry Shop sekitar Surabaya - Sidoarjo dan kota lain. Beberapa juga dipasarkan secara 'Online' melalui iklan-iklan gratis.

Bukti bersejarah memang tidak bisa dibantah kebenarannya!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar